ASSALAU 'ALAIKUM Wr. Wb

Laman

Sabtu, 30 Juli 2011

Analisi Swot


TUGAS MANDIRI
STRATEGI MANAJEMEN
  ( ANALISIS SWOT PERUSAHAAN INDOFOOD )


Disusu Oleh : abd aziz hy
Semester IV C


SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM ( STAI )
PROGRAM STUDI STRATA SATU ( S1 )
JURUSAN EKONOMI ISALAM ( EKIS )

NATUNA
2011

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR
BAB I  : PENDAHULUAN
·               LATAR BELAKANG
·               VISI DAN MISI
·               TUJUAN
BAB II : ANALIS SWOT
·                TUJUAN ANALISIS SWOT
A.            Faktor Internal
- Kekuatan Perusahaan
- Kelemahan Perusahaan
B.            Faktor Eksternal
-                Peluang Perusahaan
-                Ancaman Perusahaan
BAB III  : STRATEGI MANAJEMEN
A.            Pengertian Manajemen Strategi
B.            Tujuan Manajemen Strategi antara lain :
C.             STRATEGI  ( SO )
D.            STRATEGI  ( WO )
E.             STRATEGI  ( ST )
F.             STRATEGI  ( WT )
BAB IV
PENUTUP :  KESIMPULAN

KATA PENGANTAR


Rasa syukur yang dalam kami sampaikan ke hadiran Tuhan Yang Maha Pemurah,  karena berkat kemurahannya makalah ini dapat kami selesaikan sesuai yang diharapkan. Dalam makalah ini kami membahas “ANALISIS SWOT PERUSAHAAN INDOFOOD” guna untuk meningkatkan serta menjadi kemungkinan yang terjadi perusahaan baik yang ada lingkungan Internal maupun eksternal.
Dalam  proses pendalaman jiwa bisnis dan mengetahui langkah langkah dalam pengambilan keputusan kita perlu mengkaji atau menganalisa perusahaan melalui analisis SWOT tesebut , kami berterima ksih kepada dosen pembimbing yang telah memberikan arahan tentang bagaimana cara untuk  menjadi pengusaha  di kemudian hari,  dan kami menyadari bahwa makalah belumlah begitu sempurna jadi mengarapkan kritik atau  koreksi dan saran kepada semua kalangan untuk kesempurnaan makalah yang telah kami susun , untuk itu rasa terima kasih yang dalam-dalamnya  kami sampaikan kepada Bapak ASMARA YUDHA,  ST   selaku dosen mata kuliah “STRATEGI MANAJEMEN” yang begitu banyak membrikan masukan kepada kami dalam proses pembuatan makalah ini sehingga makalah dapat terselesaikan walaupun melebihi batas waktu yang telah ditentukan sebelumnya.
Demikian makalah ini saya buat semoga bermanfaat,

                                                                                                 
                                                                                                             Penyusun’


                                                                                                            ABD AZIZ HY
                                                                                           

BAB I
PENDAHULUAN

1.          LATAR BELAKANG MASALAH

Perkembangan dunia usaha pada saat ini begitu pesatnya sehingga menyebabkan persaingan antar perusahaan semakin ketat. Untuk itu berbagai usaha dilakukan perusahaan agar dapat bertahan di tengah-tengah persaingan tersebut. Dengan demikian setiap perusahaan akan selalu berlomba-lomba untuk mendapatkan pangsa pasar yang potensial untuk memenangkan persaingan tersebut. Perkembangan pemasaran dewasa ini dapat dikategori kan berada dalam persaingan yang saling menekan antara perusahaan yang satu dengan yang lainnya, terlebih lagi bagi perusahaan yang mempunyai kesamaan dalam produk. Perusahaan di dalam memproduksi barang hendaknya memikirkan bagaimana produk dijual ke pasaran, karena suatu perusahaan dalam membuat barang tidak dipakai sendiri melainkan untuk dijual kepada konsumen dengantujuan untuk memperoleh laba secara maksimal. Suatu perusahaan akan mampu bertahan apabila barang atau jasa yang dihasilkan dapat memberikan kepuasan kepada para konsumen, hal inidapat dilakukan melalui kegiatan menganalisis dengan metode Analisis SWOT agar dapat menguasai sehingga dapat mengetahui sebab penyebab atau timbulnya permasalahan baik dari Internal maupun Eksternal.

Dalam rangka meningkatkan pembelian sangat penting artinya bagi produk mie instan. Ketatnya persaingan di bidang produk mie instan menjadikan perusahaan harus bekerja keras untuk dapat memenangkan persaingan. Produk  pesaing yang beredar di pasaran antara lain mie Sedaap, mie ABC, mie Gelas serta masi h banyak produk pesaing yang lain. Dengan berbagai ragam bentuk, kemasan, rasa, harga dankualitas yang berbeda-beda akan memberikan pilihan kepada masyarakat sebagai konsumendalam menentukan keputusan pembelian. Keadaan tersebut memperlihatkan adanya persainganyang cukup ketat dalam pemasaran mie instan oleh masing-masing produsen. Persaingan yang timbul dalam menggaet konsumen dimungkinkan dapat ditemukan oleh kejelian masing-masing perusahaan melalui analisis SWOT tersebut yang jitu dan tidak mudah diikuti oleh perusahaan lain.



1.      VISI DAN MISI

Visi :
·         Menjadi Perusahaan Total Food Solutions
Misi :
·            Senantiasa meningkatkan kompetensi karyawan, proses produksi, dan teknologi
·            Menyediakan produk yang berkualitas tinggi, inovatif dengan harga terjangkau, yang merupakan pilihan pelanggan
·            Memastikan ketersediaan produk bagi pelanggan domestik maupun internasional
·            Memberikan kontribusi dalam peningkatan kualitas hidup bangsa Indonesia, khususnya dalam bidang nutrisi
·            Meningkatkan stakeholders’ value secara berkesinambungan
2.      TUJUAN

Indofood’s Distribusi Group memiliki jaringan distribusi yang paling luas di Indonesia, menembus ke hampir setiap sudut nusantara. Selain produk-produk Indofood sendiri, indoffood juga mendistribusikan produk-produk ke pihak ketiga. Jumlah poin saham telah diperluas secara agresif sejak tahun 2005, memberikan penetrasi yang lebih luas dan lebih dalam efisien melalui rantai pasokan dan pengiriman. Stock poin berlokasi di daerah-daerah dengan kepadatan tinggi gerai ritel, termasuk pasar tradisional, memungkinkan masing-masing titik saham untuk melayani wilayah geografis dekat ditetapkan dalam waktu sesingkat mungkin.
komitmen untuk membantu anggota masyarakat yang lebih luas dan untuk membuat kontribusi yang optimal kepada masyarakat.
Selama tahun 2007 Indofood secara keseluruhan program dikembangkan dan       dilaksanakan berdasarkan lima pilar dasar jangka panjang kami CSR filosofi:

• Membangun Human Capital
• Mempertahankan Kohesi Sosial
• Memperkuat Nilai Ekonomi
• Mendorong Good Governance
• Melindungi Lingkungan
Dengan total tenaga kerja sekitar 62 ribu, Indofood percaya bahwa karyawan adalah salah satu kelompok paling penting dari stakeholder dan unsur penting dalam keberhasilan terus. Perseroan percaya bahwa setiap karyawan memiliki kapasitas untuk berprestasi dan memberikan kontribusi bagi keberhasilan tidak hanya perusahaan, tetapi bangsa itu sendiri.
Indofood akan terus berjuang sepanjang tahun untuk lebih lanjut membina hubungan baik di semua tingkat staf dan manajemen untuk saling menguntungkan. Program pelatihan juga akan bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam rangka untuk membantu semua divisi dalam mempertahankan pangsa pasar dan keuntungan di pasar yang semakin kompetitif. Berbagai program pelatihan akan disajikan dalam setahun, sementara Program Pengembangan Manajerial akan diperluas ke dalam divisi-divisi lain dari perusahaan setelah peluncuran yang sukses di Memasak Minyak & Lemak dan Makanan Bumbu Divisi.

BAB II
ANALIS SWOT
SWOT merupakan suatu metode perancangan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman, dalam suatu proyek/Perusahaan atau suatu spekulasi bisnis
·         Tujuan Analisis SWOT
Analisis SWOT dilakukan untuk mengidentifikasi kondisi internal dan eksternal yang terlibat sebagai inputan untuk perancangan proses sehingga proses yang dirancang dapat berjalan optimal, efektif, dan efisien.
A.           Faktor Internal
A.1      Kekuatan Perusahaan Indofood
1. Keahlian dalam cita rasa Indonesia
2. Produksi rendah biaya
3. Jangkauan distribusi luas
4. Kecepatan dalam menjangkau konsumen
5. Brand yang sudah terkenal
A.2      Kelemahan Perusahaan Indofood
1. Terlalu banyak Brand yang dikeluarkan
2. Terlalu banyak inovasi rasa yang dibuat oleh Indofood
3. Permintaan pasar yang belum terpenuhi
B.            Faktor Eksternal

B.1.        Peluang Perusahaan
               1.   Melakukan ekspansi ke luar negeri
2.    Melakukan join dengan perusahaan yang memiliki produk yang    sejenis
               3.   Melakukan diversifikasi terhadap produk lain
B.2         Ancaman Perusahaan
1.    Ketatnya persaingan yang dilakukan pesaing dalam hal iklan maupun inovasi
2.    Tidak fokus terhadap satu jenis produk


BAB III
STRATEGI MANAJEMEN


B.     Pengertian Manajemen Strategi

Manajemen strategi (strategic management) adalah seperangkat keputusan dan tindakan yang digunakan untuk memformulasikan dan mengimplementasikan strategi-strategi yang berdaya saing tinggi dan sesuai bagi perusahaan dan lingkungannya untuk mencapai sasaran organisasi.
Beberapa pertanyaan yang sering diajukan para manajer seperti:
1.      Perubahan dan tren apa yang terjadi pada lingkungan yang kompetitif?
2.      Siapakah konsumen kita?
3.      Produk atau pelayanan apa yang seharusnya kita tawarkan?
4.      Bagaimana kita dapat menawarkan produk dan pelayanan seefisien  mungkin ?

          Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan di atas dapat membantu manajer membuat pilihan mengenai bagaimana memposisikan organisasi yang penuh dengan perusahaan  pesaing.

B. Tujuan Manajemen Strategi antara lain :

·                Melaksanakan dan mengevaluasi strategi yang dipilih secara efektif dan efisien.
·                Mengevaluasi kinerja, meninjau dan mengkaji ulang situasi serta melakukan berbagai penyesuaian dan koreksi jika terdapat penyimpangan di dalam pelaksanaan strategi.
·                Senantiasa memperbarui strategi yang dirumuskan agar sesuai dengan perkembangan lingkungan eksternal.
·                Senantiasa meninjau kembali kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman bisnis yang ada.
·                Senantiasa melakukan inovasi atas produk agar selalu sesuai dengan selera konsumen.

 G.    STRATEGI  ( SO )

Dari kekuatan yang ada pada Perusahaan, Perusahaan memanfaatkan peluang yang ada dilingkungan ekternal perusahaan seperti :
1. Adanya keahlian dalam cita rasa Indofood Prusahaan memanfaatkan peluang untuk melakuakan join dengan perusahaan yang memiliki produk sejenis guna guna meningkatkan SDM para karyawan agar perusahaan tidak menagalami ketertinggalan dalam berbagai informasi perusahaaan.
2. Produksi rendah biaya, dapat meningkatkan Produksi yang lebih besar agar bisa agar produksi tersebut bisa disalurkan sebagian ke luar Negeri
3. Adanya Jangkauan distribusi luas, Perusahaan melakuakn ekspansi keluar negri agar perusahaan lebih mengoptimalkan distribusi guna meningkatkan pendapatan perusahaan
4. Brand yang sudah terkenal, Perusahaan juga dapat memanfaatkan peluang memasuki pasar Internasional karna perusahaan yakin bahwa para konsumen akan memilih prodak Indofood.

H.    STRATEGI  ( WO )

Adanya kekuatan Perusahaan dan peluang Perusahaan meningkatkan kekuatan tersebut untuk meraih peluang yang ada seperti :

1.      Dari Permintaan pasar yang belum terpenuhi, Perusahaan Indofood melakukan join dengan perusahaan yang memiliki produk yang sama agar dapat membantu perusahaan untuk meraih peluang karana adanaya permintaan pasar yang belum terpenuhi secara optimal. agar permintaan tersebut dapat terpenuhi sesuai dengan permintaan pasar.
I.       STRATEGI  ( ST )

Adanaya kekuatan dan ancaman Perusahaan mengantisipasi ancaman tersebut melalui peningkatan – peningkatan kekuatan yang ada dalam perusahaan seperti :


 1. Ketatnya persaingan yang dilakukan pesaing dalam hal iklan maupun inovasi Perusahaan Indofood meningkatkan Inovasi dan membuat strategi yang lebih unggul dibanding perusahaan pesaing didukung adanya Keahlian dalam cita rasa Indofood.
2. Adanya Brand yang sudah terkenal perusahaan Indofood tidak memfukuskan terhadap satu jenis produk karna adnaya ancama itu perusahaan melakuka inovasi terbaru dalm bentuk kemasan dan meningkatkan cita rasa guna menyaingi perusahaan – perusahan pesaing.
J.      STRATEGI  ( WT )

Adanya kelemahan – kelemahan yang ada dalam perusahaan,  perusahaan berusaha  untuk mengurangia kelemahan itu guna mengindari ancaman.


1. Terlalu banyak Brand yang dikeluarkan, untuk mengurangi kelemahan ini agar terhindar dari ancaman – ancaman perusahaan beinisiatif untuk mengurangi dari banyaknya Brand yang dikeluarkan perusahaan dan tidak terlalu terfokus kepada satu jenis produk.
2.  Terlalu banyak inovasi rasa yang dibuat oleh Indofood untuk mengurangi kelemahan ini perusahaan mengurangi inovasi cita rasa dan melakuakan perubahan melalui inovasi kemasan dan memperbanyak takaran kemasan agar konsumen dapat lebih puas menikmati hasil dari prodak Indofood akan tetapi perusahaan tidak mengganti Brand hanya merubah kemasan prodak Indofood tersebut.
3. Permintaan pasar yang belum terpenuhi dari permintaan pasar yang belum terpenuhi perusahaan meningkatkan Produksi untuk memenuhi kebutuhan pasar sesuai dengan permintaan pasar peningkatan produksi tersebut berfokus kepada Brand yang sudah dikenal betul dengan lidah para konsumen agar para  konsumen lebih percaya pada perusahaan indofood.



BAB IV
PENUTUP

Kesimpulan
Indofood akan terus berjuang sepanjang tahun untuk lebih lanjut meningkatkan produktivitas menjaga serta membina hubungan baik di semua tingkat staf dan manajemen untuk saling menguntungkan baik baik dari lingkungan produsen maupun konsumen  . Program dalam menganilisis juga akan bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam rangka untuk membantu semua divisi dalam mempertahankan pangsa pasar dan keuntungan di pasar yang semakin kompetitif.
Adanaya analisis SWOT seprti yang telah terurai diatas kami berharap dari penyusunan makalah ini dapat bermanfaat baik bagi saya pribadi maupun rekan-rekan yang membaca makalah ini karna atas dukungan dan motivasi dari berbagai kalangan akhirnya makalah ini dapat terselesaikan dengan penuh rasa syukur yang tak terhingga. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar